Penghuni Rumah Betang Nanga Nyabau yang Terbakar di Kapuas Hulu Dapat Bantuan

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 10:37 WIB
Penghuni Rumah Betang Nanga Nyabau yang Terbakar di Kapuas Hulu Dapat Bantuan
Rumah Betang Warga Suku Dayak di Desa Nanga Nyabau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat hangus terbakar, Minggu (19/7/2020) malam. (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Pemerintah akan membangun rumah untuk penghuni Rumah Adat Betang di Desa Nanya Nyabau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang hangus terbakar. Tiap keluarga mendapat satu rumah.

"Solusi konkrit akan ada bantuan pembangunan rumah satu unit per kepala keluarga," kata Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Lasarus saat berkunjung ke lokasi, Senin (27/7/2020).

Lasarus mengatakan, pemerintah memberikan perhatian serius kepada korban kebakaran Rumah Betang di Nanga Nyabau ini.

Pembangunan rumah akan dilakukan tiap keluarga masing-masing. Pemerintah mendukung pendanaan. Sedangkan aparat desa setempat diminta menyediakan lahan untuk membangun rumah di lokasi yang tidak berpotensi banjir.

"Siapkan lokasi bangunan yang bebas banjir. Nanti pembangunannya sendiri-sendiri per kepala keluarga," tutur politisi yang merupakan putra kelahiran Kalbar ini.

Terpisah, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini mengatakan, pemerintah daerah berterima kasih atas kepedulian pemerintah dan Ketua Komisi V DPR Lasarus yang berkenan membantu korban kebakaran Rumah Betang di Nanga Nyabau.

"Para donatur dari berbagai pihak termasuk masyarakat juga bahu membahu membantu korban kebakaran, begitu juga atas kunjungan serta bantuan dari Komisi V DPR ini, tentu masyarakat kami sangat terbantu," katanya.

Rumah Betang di Desa Nanga Nyabau hangus terbakar pada Minggu (19/7/2020). Bangunan berusia 150 tahun yang merupakan cagar budaya warga Dayak itu dihuni oleh ratusan orang. Rumah tersebut memiliki 35 pintu, yang tiap pintunya dihuni oleh satu keluarga.


Editor : Reza Yunanto