Pengunjung Warkop di Kubu Raya Panik Diminta Tes GeNose

Antara ยท Minggu, 02 Mei 2021 - 10:55:00 WIB
Pengunjung Warkop di Kubu Raya Panik Diminta Tes GeNose
Pengunjung warung kopi di Kubu Raya diminta mengikuti tes GeNose C19. (Foto: Antara)

KUBU RAYA, iNews.id - Kedatangan Satgas Covid-19 Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat membuat ratusan pengunjung warung kopi (warkop) panik. Sebab, mereka diwajibkan mengikuti tes GeNose untuk mendeteksi penularan Covid-19. 

"Pengambilan sampel nafas dari pengunjung warkop dengan GeNose ini kita lakukan dengan gratis," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan di Sungai Raya, Sabtu (1/5/2021) malam.

Dia mengatakan, semula tes dengan GeNose ini akan dilakukan di beberapa warkop dengan target 100 orang. Namun karena waktu yang terbatas maka hanya satu lokasi saja yang menjadi sasaran.

"Dari hasil GeNose yang dilakukan 40 pengunjung ini semuanya negatif, sehingga tidak perlu dilakukan swab PCR," ujarnya.

Sebaliknya, jika dalam tes itu ditemukan ada yang positif, akan dilanjutkan dengan tes swab PCR.

Dia menambahkan, pemeriksaan mendadak dengan GeNose ini agar masyarakat tetap peduli dengan protokol kesehatan. 

Dirinya bersyukur bila masyarakat tidak panik apabila ada razia seperti ini. Dari beberapa masyarakat yang telah menjalani tes GeNose mengaku senang karena tidak menyakitkan seperti swab PCR.

"Karena alat ini dinilai warga lebih mudah, cepat dan tidak menyakitkan tubuh mereka seperti swab PCR," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Satpol PP Kubu Raya Adriansyah mengatakan terus memantau warkop dan kafe yang masih menjadi tempat kerumunan.

Editor : Reza Yunanto