Pertamina Kalbar Jamin Pasokan BBM di Wilayah Banjir Tetap Aman

Antara ยท Jumat, 12 November 2021 - 15:55:00 WIB
Pertamina Kalbar Jamin Pasokan BBM di Wilayah Banjir Tetap Aman
Truk Pertamina menerobos banjir di Kabupaten Sintang untuk mendistribusikan BBM. (Foto: Pertamina Kalbar)

KAPUAS HULU, iNews.id - PT Pertamina Kalimantan Barat (Kalbar) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di Kabupaten Sintang dan Kapuas Hulu yang terendam banjir tetap terpenuhi. Distribusi BBM dan elpiji tetap dilakukan kendati dua kabupaten tersebut diterjang banjir.

"Masyarakat Sintang dan Kapuas Hulu jangan panik. Pendistribusian BBM dan elpiji tetap dilakukan walau kondisi banjir," kata Sales Branch Manager PT Pertamina Patra Niaga Rayon III Kalbar, Novan Reza Pahlevi di Putussibau, Jumat (12/11/2021).

Dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Pertamina telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat kepolisian untuk membantu menyalurkan kebutuhan BBM dan elpiji masyarakat.

Menurutnya, kondisi banjir di Sintang sempat dimanfaatkan pihak tertentu dengan menyebarkan isu kelangkaan BBM di Putussibau. Hal itu mengakibatkan kepanikan di masyarakat hingga harga BBM premium di pengecer melonjak di kisaran Rp15.000-Rp20.000 per liter.

Persoalan tersebut telah mendapat respons dari Pemerintah Kabupaten Kapuas yang dengan tegas menyatakan bahwa kelangkaan BBM itu tidak benar. 

"Pertamina sudah berusaha keras meskipun melawati banjir di Sintang, tapi pasokan BBM dan elpiji masih normal sampai ke Putussibau, isu kelangkaan BBM dan gas elpiji itu hoaks," ujar Kepala Bagian Ekonomi Selretariat Daerah Kapuas Hulu, Serli.

Dia mengimbau pengecer kios BBM tidak memanfaatkan kondisi banjir Sintang dengan menaikkan harga BBM jenis premium dengan harga yang sangat mahal.

"Kami akan surati para pengecer kios BBM. Jangan sesuka hati menaikkan harga BBM," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: