Polairud Polda Kalbar Amankan Ribuan Batang Kayu Ilegal di Perairan Sungai Raya

Uun Yuniar ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 12:24:00 WIB
Polairud Polda Kalbar Amankan Ribuan Batang Kayu Ilegal di Perairan Sungai Raya
Ditpolairud Polda Kalbar amankan ribuan batang kayu ilegal di perairan Sungai Raya, Kalimantan Barat. (iNews.id/Uun Yuniar)

KUBU RAYA, iNews.id - Ditpolairud Polda Kalimantan Barat mengamankan ribuan batang kayu ilegal berbagai jenis di kawasan perairan Sungai Asam, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Kayu tersebut dibawa tersangka MW dengan cara ditarik menggunakan speedboat.

"Tim Subditgakkum mengamankan kurang lebih 1.000 batang kayu berbagai jenis dengan tersangka MW," kata Kasubdit Gakkum Ditpolariud Polda Kalbar, Kompol Muhammad Husni Ramli, Selasa (25/8/2020).

Dia mengatakan, penangkapan MW terjadi pada Senin (24/8/2020). Penangkapan bermula ketika petugas mendapati laporan dari warga yang melihat rakit mengangkut kayu ilegal ditarik dengan speedboat di kawasan perairan Sungai Asam yang berada di Desa Sukalanting.

Dari laporan itu, petugas langsung melakukan pemberhentian terhadap speedboat tersebut dan menanyakan dokumen surat kayu tersebut kepada MW yang saat itu menarik rakit kayu dengan kapal motor.

Setelah diinterogasi di lokasi, MW beserta barang bukti ribuan batang kayu dan speedboat yang digunakannya dibawa ke Mako Polairud Polda Kalbar. Semula, MW mengaku kayu-kayu tersebut merupakan kayu yang hanyut di hutan. Namun belakangan MW mengaku kayu diambil dari hutan Desa Petuah.

"Dari pengakuan tersangka MW, kayu diambil daru hutan Desa Petuah yang rencananya dipasarkan di Sungai Raya," ujarnya.

Kayu-kayu yang dibawa MW terdiri atas berbagai jenis. Dit Polairud Polda Kalbar berkoordinai dengan ahli untuk mengetahui jenis kayu dan lokasi hutan tempat MW mengambil kayu-kayu itu.

Menurutnya, pelaku terancam dengan undang-undang no 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kerusakan Hutan dengan ancaman lima tahun penjara dan denda Rp500 juta.

Editor : Reza Yunanto