Polres Singkawang Tangkap Komplotan Curanmor, Satu Pelaku Masih di Bawah Umur

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 14:07 WIB
Polres Singkawang Tangkap Komplotan Curanmor, Satu Pelaku Masih di Bawah Umur
Polres Singkawang tangkap komplotan curanmor (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Satreskrim Polres Singkawang, Kalimantan Barat menangkap empat orang anggota komplotan curanmor. Komplotan itu kerap beraksi di Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang.

"Empat pelaku masing-masing SA, SY, WN, dan NG," kata Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP Tri Prasetyo di Singkawang, Rabu (17/6/2020).

Tri menjelaskan, tiap pelaku memiliki peran berbeda. WN yang merupakan warga Bengkayang merupakan pelaku utama aksi curanmor komplotan ini. Sedangkan SA, SY dan NG berperan sebagai pengantar WN saat mencuri kendaraan bermotor. Tri menambahkan, salah satu pelaku yakni SA tergolong anak di bawah umur lantaran masih berusia 16 tahun.

Menurutnya, keempat orang ini telah lama diburu polisi. Begitu polisi mendapat informasi keberadaan empat tersangka di Kabupaten Bengkayang, tim Satreskrim Polres Singkawang bersama Satreskrim Polres Bengkayang menangkap keempatnya.

"Dari hasil pengembangan, kami menemukan sebanyak lima unit sepeda motor hasil curian yang mereka lakukan di wilayah Kota Singkawang," tuturnya.

Dari lima sepeda motor tersebut, tiga motor merupakan hasil kejahatan mereka pada Januari 2020. Sedangkan dua motor hasil aksi mereka pada Mei 2020.

"Untuk TKP motor itu sendiri ada di Jalan Veteran, Sagatani dan Jalan Raya Singkawang-Bengkayang," katanya.

Dia menambahkan, modus yang digunakan komplotan ini dengan melihat keadaan motor yang sedang terparkir mengarah ke jalan. Dengan kondisi itu, mereka bisa dengan cepat melarikan motor yang diincar.

"Secara spontan mereka beraksi dengan merusak kontak motor dengan kunci T dan ketika motor sudah bisa hidup, barulah mereka bawa kabur," katanya.

Kepada polisi, mereka mengaku menjual hasil motornya untuk foya-foya. Atas perbuatannya, keempat tersangka akan dikenakan Pasal 363 ayat 1 ke 3 dan 4 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan

"Ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto