Puasa Ramadan, Pengurus Muhammadiyah Pontianak Disuntik Vaksin Covid-19

Antara ยท Kamis, 15 April 2021 - 15:40:00 WIB
Puasa Ramadan, Pengurus Muhammadiyah Pontianak Disuntik Vaksin Covid-19
Pengurus Wilayah Muhammadiyah Pontianak menerima vaksin Covid-19. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Pontianak menerima vaksin Covid-19 meski sedang berpuasa Ramadan. Ada sekitar 150 orang yang menjalani vaksinasi.

"Vaksinasi ini bagian dari ikhtiar sesuai dengan edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 3 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa melakukan vaksinaai di siang hari saat berpuasa tidak membatalkan puasa. Karena vaksin itu disuntikkan dan cairan itu bukan penambah gizi serta tidak melalui mulut maupun hidung," kata Sekretaris PWM Kalbar Ahmad Zaini di Pontianak, Kamis (15/4/2021).

Ahmad juga menjelaskan bahwa data awal yang diajukan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar terdapat 175 peserta yang kemudian diseleksi untuk mengklarifikasi peserta yang belum mengikuti vaksinasi.

"Inipun setelah diseleksi dari peserta yang sudah vaksin di amal usaha masing-masing, misalnya melalui Politeknik Aisyiyah dan lainnya sehingga hari ini ada sekitar 150 peserta yang akan divaksin," tuturnya.

Adapun pelaksana vaksinasi tersebut merupakan tenaga kesehatan yang berasal dari Puskesmas Parit Haji Husin 2 dengan antrean peserta vaksinasi terbagi dalam dua tahap. Pelaksanaan vaksin juga menyediakan ruangan khusus untuk perempuan agar lebih aman dalam penyuntikan.

Editor : Reza Yunanto