Rapid Test usai Bertugas di Perbatasan Malaysia, 450 Personel Satgas Pamtas Nonreaktif

Antara ยท Senin, 21 September 2020 - 10:01 WIB
Rapid Test usai Bertugas di Perbatasan Malaysia, 450 Personel Satgas Pamtas Nonreaktif
Satgas Pamtas. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 450 prajurit TNI asal Kodam I Bukit Barisan yang bertugas menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat (Kalbar), selesai menjalani tugas. Mereka menjalani rapid test untuk memastikan bebas Covid-19 sebelum dipulangkan kembali ke Sumatera Utara.

"Jadi di Kalbar ini kami sudah melakukan tes cepat sebanyak dua kali, yaitu 27 Agustus dan pada 14 September. Dari dua kali test ini hasilnya semua pasukan kami dinyatakan nonreaktif," kata Komandan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 133/Yudha Sakti, Letkol Hendra Cipta di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Minggu (20/9/2020).

Dia mengatakan, selanjutnya ratusan personel itu diangkut KRI Teluk Hading untuk menuju ke Pelabuhan Dumai, Riau yang akan memakan waktu perjalanan dua hari dua malam. Kemudian setelah tiba di Dumai, seluruh personel akan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan dan rapid test lagi.

"Setelah kami semuanya dinyatakan aman dari Covid-19, kami akan melanjutkan perjalanan melalui darat ke Padang," tuturnya.

Dia menjelaskan, sesampainya di Padang, pasukan kemungkinan akan dilakukan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum disambut Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal Irwansyah.

Menurutnya, pengecekan kesehatan ini sangat penting. Tidak hanya tentang Covid-19, namun juga terkait HIV/AIDS dan tes narkoba.

"Dan pemeriksaan kembali dilakukan di Dumai termasuk pemeriksaan penyakit menular seperti HIV dan penggunaan narkoba," katanya.


Editor : Reza Yunanto