Ratusan Desa di Kubu Raya Zona Hijau Covid-19, Vaksinasi Digencarkan

Antara ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 16:26:00 WIB
Ratusan Desa di Kubu Raya Zona Hijau Covid-19, Vaksinasi Digencarkan
Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya. (Foto: Antara)

KUBU RAYA, iNews.id - Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mencatat perkembangan signifikan dalam penanganan Covid-19. Ratusan desa di kabupaten tersebut telah berstatus zona hijau dan hanya enam desa yang masih berada di zona kuning.

"Dari 118 desa yang ada di Kubu Raya, 112 desa sudah masuk zona hijau. Sedangkan enam desa zona kuning Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan, Kamis (4/3/2021).

Saat ini Kubu Raya akan memfokuskan pada vaksinasi Covid-19 di wilayah yang masih berada di zona kuning. Vaksin ditujukan untuk guru dan siswa yang akan memulai belajar tatap muka.

"Kita utamakan bagi yang berada di zona kuning secara bertahap selama tiga hari ini," ujarnya.

Dia menuturkan, untuk tahap pertama ditujukan kepada guru-ruru yang ada di kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan Sungai Ambawang.

Dari ketiga kecamatan itu akan diambil dari sekolah yang berada di zona kuning. Di tiga kecamatan itu saat ini lebih banyak yang berstatus zona hijau.

"Untuk guru yang berada di daerah zona hijau juga akan mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 ini. Namun untuk saat ini kita prioritaskan guru di desa-desa yang masuk zona kuning”, ujarnya.

Kegiatan vaksinasi yang akan berlangsung selama tiga hari ini melibatkan sebanyak 120 orang tenaga kesehatan yang tersebar di 20 puskesmas di Kubu Raya.

Sementara vaksinasi tahap kedua akan dilakukan 28 hari sejak vaksin tahap pertama diberikan.

Editor : Reza Yunanto