Ratusan Santri Rapid Test di Pontianak Sebelum Kembali ke Jawa

Barlian Pasore ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 13:48 WIB
Ratusan Santri Rapid Test di Pontianak Sebelum Kembali ke Jawa
Ilustrasi santri menjalani pemeriksaan kesehatan. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 200 santri asal Kalimantan Barat dari berbagai pondok pesantren di Pulau Jawa mengikuti rapid test. Hasil rapid test diperlukan bagi mereka untuk bisa kembali ke pondok pesantren.

Rapid test digelar di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Jumat (26/6/2020). Diikuti oleh santri laki-laki maupun perempuan.

"Ada sekitar 5.000-an santri asal Kalbar yang mondok di Pulau Jawa. Mereka sebagian sudah ikut rapid test," kata Ketua Ikatan Santri Kalbar, Muhammad Maliki Munawir, Jumat (26/6/2020).

Dia mengapresiasi Dinkes Kalbar yang memfasilitasi rapid test gratis bagi para santri ini. Dia mengakui, belum semua santri bisa mengikuti rapid test karena kendala biaya dan jarak. Bahkan sejumlah santri merasa kesulitan untuk mengisi formulir meenggunakan aplikasi.

Menurutnya, tak semua santri asal Kalbar sempat pulang. Sejumlah santri ada yang terpaksa bertahan di Pulau Jawa karena tak memiliki biaya untuk pulang lantaran mahalnya tiket pesawat.

Sebelumnya, 132 santri Pondok Pesantren Almubarok Madura, Jawa Timur yang berada di Kalbar juga mengikuti rapid test sebelum diberangkatkan kembali pada Rabu (24/6/2020) melalui jalur udara.

"Jadi hasil tes cepat ini diperlukan bagi mereka sebagai salah satu syarat untuk terbang ke Jawa Timur," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson.


Editor : Reza Yunanto