Pertamina Gelar Operasi Pasar, Respons Kelangkaan Elpiji di Kubu Raya

Antara ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 14:57 WIB
Pertamina Gelar Operasi Pasar, Respons Kelangkaan Elpiji di Kubu Raya
Pertamina Wilayah Kalimantan Barat menggelar Operasi Elpiji Subsi di Pontianak, Senin (27/7/2020). (Antara/Ist)

PONTIANAK, iNews.id - Pertamina Wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) merespons kelangkaan elpiji bersubsidi di Kabupaten Kubu Raya. Pertamina langsung menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah.

"Operasi pasar elpiji subsidi tersebut kami gelar dalam rangka memudahkan masyarakat yang berhak dan usaha mikro dalam mendapatkan elpiji tabung tiga kilogram sesuai HET (harga eceran tertinggi)," kata Sales Branch Manajer Pertamina Wilayah Kalbar, Farid Akbar di Pontianak, Rabu (29/7/2020).

Dia mengatakan, Pertamina telah menggelar operasi pasar di Kecamatan Sungai Ambawang pada Selasa (28/7/2020). Kemudian hari ini, operasi pasar dilakukan di Kecamatan Sungai Rengas, dan Sungai Kakap.

Di tiap wilayah yang digelar operasi pasar, Pertamina mengalokasikan 560 tabung.

"Sehingga total sudah empat lokasi dilakukan operasi pasar untuk wilayah Kabupaten Kubu Raya dengan total 2.400 tabung elpiji subsidi," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk kebutuhan normal di Kubu Raya yakni sekitar 13.000-an tabung per hari. Stok tersebut menurutnya telah terpenuhi dari agen-agen dan pangkalan yang ada.

Kendati demikian, karena mendekati Idul Adha ada peningkatan permintaan dari masyarakat, Pertamina telah menambah pasokan hingga 20.000 tabung per hari.

"Sementara sebagai antisipasi peningkatan permintaan di Juli 2020 atau menjelang Lebaran Idul Adha dilakukan penambahan sebanyak 20.160 tabung," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan warga Sungai Kakap terpaksa antre berjam-jam di pangkalan elpiji bersubsidi untuk mendapatkan tabung gas 3 kilogram. Warga mengaku gas melon tersebut mulai sulit didapat dalam sebulan terakhir. Kalau pun ada, harganya di atas harga normal.


Editor : Reza Yunanto