Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Miras via Jalur Tikus Perbatasan Malaysia

Antara ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 09:07:00 WIB
Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Miras via Jalur Tikus Perbatasan Malaysia
Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas menggagalkan penyelundupan miras di jalur tikus perbatasan Malaysia di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. (Foto: Ist/Antara)

SANGGAU, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 642/Kapuas menggagalkan penyelundupan miras melalui jalur tikus ke Malaysia di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

"Terungkapnya penyelundupan itu saat melakukan patroli rutin di kawasan perbatasan," kata Dansatgas Yonif 642/Kapuas, Letkol Alim Mustofa, Rabu (14/10/2020).

Kronologi pengungkapan kasus itu bermula ketiga personel Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas melakukan patroli. Saat itu ada seorang yang mencurigakan melintas di jalur tikus yang berada di Lubuk Tengah.

"Mendapat informasi itu Danpos Lubuk Tengah langsung memerintahkan enam orang anggotanya untuk melaksanakan penghadangan di jalur JIPP itu," katanya.

Kemudian mereka melihat cahaya yang muncul dari jalan menuju JIPP, sehingga anggota mengejar pria tersebut. Namun pria itu melempar sebuah karung ke arah semak-semak dan melarikan diri masuk kembali ke dalam hutan menuju ke Malaysia.

Setelah diperiksa, karung yang berlapis dua tersebut berisi 12 botol minuman keras jenis Vodka, 12 botol Arak Guci, dan tiga jeriken racun rumput sebanyak 12 liter.

Diduga miras dari Malaysia tersebut akan diselundupkan ke Indonesia melalui jalur tikus perbatasan.

"Sudah menjadi tugas kami untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di perbatasan dengan melakukan penyekatan di jalur-jalur tidak resmi yang rawan dilewati pelaku penyelundupan," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto