Selesai Karantina, 47 Pekerja Migran Dipulangkan ke Daerah Asal

Uun Yuniar · Jumat, 04 Juni 2021 - 09:30:00 WIB
Selesai Karantina, 47 Pekerja Migran Dipulangkan ke Daerah Asal
Sebanyak 47 pekerja migran dipulangkan ke daerah asalnya melalui Pelabuhan Dwikora Pontianak. (Foto: iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 47 pekerja migran Indonesia (PMI) dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing setelah menjalani karantina selama lima hari di Kalimantan Barat (Kalbar). Mereka sebelumnya dideportasi pemerintah Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau

"Mereka sudah dikarantina selama lima hari oleh Satgas Covid-19 Kalbar. Setelah selesai sekarang dipulangkan ke daerah asal," ujar Kepala Seksi Perlindungan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pontianak, Andi Kusuma Irfandi, Kamis (3/6/2021).

Selain dikarantina, puluhan pekerja migran itu juga telah mengikut swab antigen dan mendapat hasil negatif Covid-19.

"Mereka dua kali swab PCR. Kalau memang negatif kita pulangkan," katanya

Selain dari Kalbar, para PMI itu berasal dari berbagai daerah. Sebanyak 33 PMI berasal dari Pulau Jawa, Sedangkan sisanya dipulangkan ke Lampung, NTB, dan Sulawesi Selatan. 

Pemulangan PMI dengan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Dwikora Pontianak menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Di Jakarta, para PMI itu akan dijemput petugas Kementerian Sosial untuk diproses kepulangannnya ke daerah masing-masing.

"Sistemnya estafet sesuai arahan gubernur. Untuk yang di luar Kalbar kami bekerja sama dengan Kementerian Sosial," tuturnya.

Menurutnya, sejak Mei 2021 pemerintah Malaysia telah mendeportasi 525 orang ke Indonesia melalui pintu perbatasan di Kalbar. Sedangkan sepanjang 2021 sudah 1.613 orang yang dipulangkan.

Editor : Reza Yunanto