Sempat Tertimbun Longsor, Jalan Dekat Perbatasan Malaysia di Kapuas Hulu Bisa Dilewati

Antara ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 16:47 WIB
Sempat Tertimbun Longsor, Jalan Dekat Perbatasan Malaysia di Kapuas Hulu Bisa Dilewati
Pengendara berhati-hati melewati jalur Bukit Genting Lanjak, Kapuas Hulu yang sempat tertimbun longsor. (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Jalan di Bukit Genting Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang sempat tertimbun tanah longsor kini sudah bisa dilalui kendaraan. Jalur tersebut berada dekat perbatasan Malaysia-Indonesia.

"Separuh badan jalan sudah dibersihkan, jadi kendaraan sudah bisa melintas," kata Camat Batang Lupar, Ilham dihubungi di Putussibau Kamis (18/6/2020) sore.

Ilham menuturkan, pembersihan timbunan longsor berupa tanah dan pohon di ruas jalan puncak Bukit Genting Lanjak tersebut dilakukan secara manual oleh tanpa alat berat.

Meskipun ruas jalan tersebut sudah bisa dilintasi kendaraan, namun masih separuh badan jalan saja. Para pengendara diminta berhati-hati karena kondisi jalan masih licin.

"Kami bersama warga dan sejumlah pihak melakukan pembersihan secara manual," katanya.

Longsor yang terjadi di Bukit Genting Lanjak tersebut terjadi pada dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB, akibat curah hujan tinggi di kawasan itu. Longsor menyebabkan ruas jalan sepanjang empat hingga lima meter tertimbun tanah dan kayu.

Ruas jalan Genting Lanjak tersebut merupakan jalan penghubung menuju pintu perbatasan Indonesia-Malaysia dan salah satu ruas jalan untuk menuju ke lokasi wisata Taman Nasional Danau Sentarum.


Editor : Reza Yunanto