Sosok Anong, Pilot Cantik di Balik Helikopter yang Bantu Distribusi Beras ke Pelosok

Reza Yunanto · Senin, 01 Juni 2020 - 13:23 WIB
Sosok Anong, Pilot Cantik di Balik Helikopter yang Bantu Distribusi Beras ke Pelosok
Penerbang AD Letda Cpn (K) Alberta Injilia alias Anong yang ikut mendistribusikan beras ke wilayah Sungkung, Sanggau, Kalbar. (Foto: Penmas Kodam XII/Tanjungpura)

SANGGAU, iNews.id - Kodam XII/Tanjungpura ikut membantu pendistribusian bantuan beras ke wilayah sulit terjangkau di Sungkung, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Sejumlah penerbang Angkatan Darat (AD) dikerahkan untuk mendistribusikan ratusan ton beras ke wilayah itu dengan helikopter Bell 412.

Siapa menyangka, salah satu dari penerbang yang turut dalam pendistribusian beras itu seorang pilot perempuan. Dia adalah Letda Cpn (K) Alberta Injilia. Perempuan berusia 23 tahun itu salah satu penerbang AD yang berada di balik kemudi helikopter Bell 412.

Perempuan yang biasa disapa Anong itu menjabat sebagai Perwira Penerbang II Flite Heli Serang Skadron-12/Serbu Waytuba. Dia saat ini melaksanakan tugas BKO di Kodam XII Tanjungpura.

Kalimantan Barat sebenarnya bukan wilayah asing bagi Anong. Anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) ini putra daerah kelahiran Nanga Taman, Kabupaten Sekadau 14 September 1996.

Setelah lulus dari SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, putra pasangan Arkadius Ardi dan Sopianita ini melanjutkan pendidikan ke Akademi Militer, dan lulus pada 2018 lalu.

Penerbang AD Letda Cpn (K) Alberta Injilia di bali kemudi Helikopter Bell 412. (Foto: Pendam Kodam XII Tanjungpura)
Penerbang AD Letda Cpn (K) Alberta Injilia di bali kemudi Helikopter Bell 412. (Foto: Pendam Kodam XII Tanjungpura)

Berada di Pos Kotis Entikong, dia bersama Kapten Cpn Fadli Akbar Sirait serta enam kru heli lainnya ditugaskan untuk membantu pendistribusian beras bantuan ke wilayah Sungkung. Wilayah ini merupakan daerah di Sanggau yang sulit diakses dengan menggunakan transportasi darat.

Anong mengaku bangga bisa melaksanakan tugas dalam kegiatan pendistribusian beras bantuan untuk warga terdampak Covid-19 di daerah Sungkung.

"Ini merupakan salah satu tugas kemanusiaan, apalagi saya yang asli Kalbar tentunya juga tidak ingin melihat saudara-saudara saya di pedalaman mengalami kesulitan ditengah pandemi ini," katanya seperti tertulis dalam keterangan pers Kodam XII Tangjungpura yang diterima iNews.id, Senin (1/6/2020).

Menurutnya, menjadi bagian dari kegiatan kemanusiaan ini merupakan sebuah panggilan negara yang wajib dilakukan bagi dirinya.

"Kita sesuaikan dengan profesi masing ya, mengatasi pandemi serta dampaknya ini adalah tugas bersama. Apapun latar belakang profesi kita, wajib ikut serta bersama-sama mencegah Covid-19," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto