Sosok Heldy Djafar, Istri Bung Karno yang Wafat Usia 74 Tahun

Kiswondari ยท Senin, 11 Oktober 2021 - 15:44:00 WIB
Sosok Heldy Djafar, Istri Bung Karno yang Wafat Usia 74 Tahun
Foto Kolase Bung Karno dan Heldy Djafar. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Heldy Djafar binti Jafar istri ke-9 Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, meninggal dunia pada Minggu (10/10/2021) malam. Almarhumah merupakan istri terakhir atau ke-9 dari Bung Karno.

Menurut informasi, almarhumah yang berasal dari Tenggarong, Kalimantan Timur ini meninggal pada usia 74 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Dia disebut-sebut merupakan cinta terakhir sang proklamator.

"Benar (meninggal dunia), benar tadi malam jam 10 waktu Jakarta," kata keponakan almarhumah, Akhmad Salbani dihubungi MNC, Senin (11/10/2021).

Heldy Djafar meninggal dunia di RSCM (Foto: Istimewa)
Heldy Djafar meninggal dunia di RSCM (Foto: Istimewa)

Dari catatan sejarah dan berbagai sumber yang diperoleh, Bung Karno semasa hidup memiliki 9 orang istri. Mereka yakni Siti Oetari, Inggit Ginarsih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Kartini Manoppo dan Heldy Djafar.

Saat berusia 65 tahun, Bung Karno menikah dengan Heldy Djafar, perempuan asal Kutainegara, Kalimantan Timur pada tahun 1966. Heldy ketika itu baru berusia 18 tahun.

Ketua DPA Idham Chalid dan Menteri Agama Saifuddin Zuhri kala itu menjadi saksi dalam pernikahan. Namun usia pernikahan keduanya hanya bertahan dua tahun. Kala itu situasi politik sudah semakin tidak menentu.

Komunikasi tidak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Heldy sempat mengucap ingin berpisah. Namun, Bung Karno tetap bertahan. Soekarno hanya ingin dipisahkan oleh maut.

Pada 19 Juni 1968, ketika Heldy berusia 21 tahun, dia menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor, keturunan dari Kerajaan Banjar. Saat hamil tua, dia mendapat kabar, Soekarno meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1970 dalam usia 69 tahun.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: