Sungai Kapuas Kembali Meluap, Warga Kapuas Hulu Terancam Banjir Susulan

Antara ยท Selasa, 22 September 2020 - 12:32 WIB
Sungai Kapuas Kembali Meluap, Warga Kapuas Hulu Terancam Banjir Susulan
Ratusan rumah di Kapuas Hulu, Kalbar terendam banjir akibat curah hujan tinggi. (Foto: ist)

KAPUAS HULU, iNews.id - Warga di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat diminta waspada dengan banjir susulan. Sungai Kapuas kembali meluap akibat curah hujan tinggi.

"Saat ini daerah Sungai Uluk Palin, Sibau Hilir sudah mulai banjir. Bahkan informasi dari hulu Sungai Kapuas di daerah Bungan, debit air naik dan terjadi longsor," kata Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Kapuas Hulu, Aliyanto dihubungi dari Putussibau, Selasa (22/9/2020).

Dia menambahkan, dari informasi yang diperoleh, banjir juga melanda di sejumlah daerah yang berada di pesisir sungai Kapuas. Salah satunya Kecamatan Suhaid. Kemungkinan terjadi banjir susulan di Kapuas Hulu semakin meningkat karena intensitas hujan masih tinggi dan merata.

"Kami imbau masyarakat mempersiapkan diri, karena yang kita khawatirkan banjir besar kemungkinan terjadi lagi," ucapnya.

Senada dengan Aliyanto, Ketua Tagana Kapuas Hulu, M Hatta mengatakan, curah hujan tinggi terus terjadi setiap hari. Hal itu berlangsung sejak terjadi banjir besar pada 14 September 2020.

Padahal di daerah hilir Kapuas Hulu saat ini masih digenangi banjir. Menurutnya kondisi ini dikhawatirkan akan menambah debit air di hulu Sungai Kapuas, hingga terjadi banjir susulan.

"Saat ini debit air di hulu Kapuas sedang tinggi, kami minta masyarakat waspada," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu mtelah enetapkan status Tanggap Darurat Banjir selama 14 hari. Tanggap darurat itu dimulai dari Minggu 20 September 2020.


Editor : Reza Yunanto