Susul Pontianak, Bengkayang Siapkan Belajar Tatap Muka di Sekolah

Antara ยท Senin, 22 Februari 2021 - 17:03:00 WIB
Susul Pontianak, Bengkayang Siapkan Belajar Tatap Muka di Sekolah
ilustrasi belajar tatap muka di sekolah. (Foto ist).

BENGKAYANG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat tengah menyiapkan belajar tatap muka di sekolah seperti Pontianak. Saat ini Bengkayang sudah berada di zona kuning resiko rendah penularan Covid-19.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Bengkayang, Gustian Andiwinata mengatakan, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tidak diwajibkan bagi semua siswa. Perlu ada persetujuan dari orang tua.

"KBM tatap muka  tersebut dilaksanakan atau diikuti murid berdasarkan persetujuan dari orangtua atau wali murid dan sisanya ada daring," ujarnya di Bengkayang, Senin (22/2/2021).

Selain itu, sekolah yang melaksanakan KBM  tatap muka harus memperketat pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. Tidak boleh ada yang lengah dalam penerapan di lingkungan sekolah. 

Sementara itu PJ Bupati Bengkayang Yohanes Budiman menyatakan, perkembangan status Covid-19 saat ini telah masuk zona kuning. Berdasarkan aturan di nasional, bisa menggelar belajar tatap muka.

Berada di zona kuning menjadikan Bengkayang sebagai daerah yang mengalami peningkatan dalam penanganan Covid-19. Sebelumnya Bengkayang merupakan salah satu daerah di Kalbar yang masuk ke dalam zona oranye. Bahkan penanganan Covid-19 di Bengkayang pernah berada di urutan terbawah dari 14 daerah di Kalbar.

"Terakhir kita dapat kabar perkembangan terbaru kalau kita mengalami peningkatan (penanganan) dan saat ini berada di urutan nomor  tujuh," ucapnya.

Terkait belajar tatap muka di sekolah, menurutnya tetap akan dipantau. Sebab tak menutup kemungkinan akan kembali dibatalkan jika ternyata status penanganan Covid-19 di Bengkayang kembali ke zona oranya atau bahkan merah. 

“Jadi artinya disini kebijakan KBM tatap muka bersifat tarik ulur tergantung situasi di lapangan,” katanya.

Editor : Reza Yunanto