Tak Ingin PSBB, Wali Kota Pontianak: Tolong Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Antara ยท Selasa, 15 September 2020 - 11:31 WIB
Tak Ingin PSBB, Wali Kota Pontianak: Tolong Warga Patuhi Protokol Kesehatan
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono tak ingin PSBB seperti Jakarta (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengaku tidak ingin menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti di DKI Jakarta. Syaratnya warga Pontianak harus patuh menjalankan protokol kesehatan.

"Saya minta kepada warga Kota Pontianak agar bersabar menahan diri serta patuh terhadap protokol kesehatan," kata Edi di Pontianak, Selasa (15/9/2020).

Edi mengatakan, warga Pontianak harus menyadari bahwa menggunakan masker merupakan kebiasaan baru dalam setiap aktivitas di tengah pandemi. Dengan cara itu dia meyakini penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

Menurutnya, penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak saat ini masih bisa terkendali. Ruang isolasi di Rusunawa Pontianak dan rumah sakit yang menjadi rujukan masih bisa menampung pasien Covid-19.

Edi berharap, pengendalian Covid-19 yang telah dilakukan saat ini menjadikan Kota Pontianak berada pada zona yang aman.

Sementara itu, Edi menilai pemberlakukan PSBB di Jakarta merupakan langkah yang tepat. Selain karena DKI Jakarta zona merah, mobilitas masyarakat yang tinggi di ibu kota pemerintahan Indonesia itu menyebabkan cepatnya penularan virus corona. Menurutnya, pemberlakuan PSBB juga bisa berdampak pada pengendalian Covid-19 di daerah.

"Kalau pemberlakuan PSBB di Jakarta bisa menekan angka penyebaran virus corona, maka berdampak pula pada daerah-daerah lainnya, karena transportasi atau mobilitas banyak dari Jakarta ke Pontianak," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto