Tegaskan Protokol Kesehatan, Jokowi Soroti Paslon Pilkada Gelar Konser

Kurnia Illahi ยท Selasa, 08 September 2020 - 13:51 WIB
Tegaskan Protokol Kesehatan, Jokowi Soroti Paslon Pilkada Gelar Konser
Presiden Joko Widodo soroti konser yang digelar pasangan calon Pilkada melanggar protokol kesehatan

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pelanggaran protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada serentak 2020. Salah satunya penyelengaraan konser oleh pasangan calon yang menimbulkan kerumunan.

"Saya mengikuti situasi di lapangan masih banyak yang melanggar protokol kesehatan, misalnya pasangan pilkada membuat konser, yang menghadirkan kerumunan," ujar Jokowi yang disiarkan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Jokowi meminta agar penyelenggara Pilkada serius menerapkan aturan protokol kesehatan dalam setiap tahapan. Dia juga meminta aparat keamanan membantu untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

"Saya minta penyelenggara KPU, Bawaslu, TNI, Polri, tokoh masyarakat dan tokoh organisasi aktif bersama-sama mengikuti protokol kesehatan," ucapnya.

Jokowi mengatakan Pilkada serentak 2020 tidak bisa ditunda karena wabah virus corona (Covid-19). Sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan wabah tersebut berakhir.

Menurutnya, pelaksanaan pilkada harus bisa beradaptasi dengan kondisi di tengah Covid-19. Kualitas pilkada, kata dia jangan sampai berkurang meskipun dilaksanakan saat wabah.

"Penyelenggaraan pilkada harus dilakukan dengan cara baru. Selain taat menjalankan protokol kesehatan saya juga minta agar kualitas demokrasi kita dijaga," ucapnya.


Editor : Reza Yunanto