Temukan Kasus Covid-19, Pemkab Kapuas Hulu Setop Belajar Tatap Muka

Antara · Minggu, 18 April 2021 - 10:52:00 WIB
Temukan Kasus Covid-19, Pemkab Kapuas Hulu Setop Belajar Tatap Muka
Petugas menyemprot disinfektan di Dusun Lunsara, Desa Sukamaju, Putussibau, Kapuas Hulu setelah warga setempat dinyatakan positif Covid-19. (Foto: Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menghentikan belajar tatap muka di Kecamatan Selimbau. Penghentian itu dilatari penemuan kasus Covid-19 di kecamatan tersebut.

"Pembelajaran tatap muka di Selimbau dihentikan dan dialihkan dengan belajar di rumah karena di kecamatan tersebut ada yang terkonfirmasi positif," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi di Putussibau, Minggu (18/4/2021).

Menurut Petrus, keputusan memberhentikan pembelajaran tatap muka untuk sekolah di Kecamatan Selimbau berlaku selama sepekan yakni 19-24 April 2021. Pemberhentian berlaku untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 
Sejumlah sekolah yang diberhentikan sementara pembelajaran tatap mukanya yaitu SDN 01, SDN 02, SDN 03, SDN 04, SDN 05, SDN 06, SMPN 01, dan SMPN 04 .
 
"Untuk pendidik dan tenaga kependidikan tetap masuk sekolah seperti biasa dengan protokol kesehatan, dan memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan pembelajaran dari rumah," katanya.
 
Dia mengatakan pemberhentian pembelajaran tatap muka itu sebagai komitmen Pemkab Kapuas Hulu dalam menjaga keselamatan peserta didik dari penularan Covid-19.

Sebelum kasus di Selimbau, hal yang sama pernah dilakukan ke Kecamatan Seberuang yang juga dihentikan sementara belajar di sekolah karena ditemukan kasus Covid-19.
 
"Dari awal sudah kami sampaikan apabila ada yang terkonfirmasi Covid-19, maka sekolah di daerah tersebut dihentikan pembelajaran tatap muka," katanya.

Editor : Reza Yunanto