Terima Remisi HUT RI, 79 Napi di Kalbar Langsung Bebas

Antara ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:41:00 WIB
Terima Remisi HUT RI, 79 Napi di Kalbar Langsung Bebas
Sebanyak 3.865 warga binaan pemasyarakatan di Kalimantan Barat mendapat remisi HUT RI, dan 79 di antaranya langsung bebas. (ANTARA)

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 79 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Kalimantan Barat (Kalbar) bebas setelah mendapat remisi HUT RI. Mereka bagian dari 3.865 WBP yang mendapat remisi tahun ini.

"Pemberian remisi bukan serta-merta bentuk kemudahan bagi WBP untuk cepat bebas, tetapi merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembinaan," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalbar, Pria Wibawa di Pontianak, Kamis (18/8/2022).

Pria mengatakan, para WBP yang menerima remisi berasal dari 13 Lembaga Pemasyarkatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang ada di seluruh Kalbar.

"Remisi ini merupakan sebuah apresiasi dari pemerintah bagi WBP. Hari kemerdekaan ini juga menjadi hari kemerdekaan bagi WBP," tuturnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalbar, Ika Yusanti menambahkan, mereka yang mendapat remisi telah memenuhi persyaratan. Di antaranya berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan.

WBP yang mendapat remisi umum I atau pengurangan sebagian yakni 3.785 orang. Sedangkan yang menerima remisi umum I langsung bebas yakni 79 orang.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: