Ungkap Jaringan Narkoba, Polisi Tangkap 3 Tersangka di Singkawang

Antara ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 17:42 WIB
Ungkap Jaringan Narkoba, Polisi Tangkap 3 Tersangka di Singkawang
ilustrasi (AFP)

SINGKAWANG, iNews.id - Polres Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar) menangkap tiga orang pengedar narkoba jenis sabu dan ekstasi di berbagai tempat. Ketiga tersangka yang ditangkap selama ini dikenal sebagai jaringan pengedar narkoba di Kota Singkawang.

"Satresnarkoba Polres Singkawang menangkap RN alias KY, PO alias IP, dan UD yang diduga sebagai pengedar narkoba," ujar Kasat Narkoba Polres Singkawang, Iptu Jumari, Selasa (16/6/2020).

Menurutnya, penangkapan ketiga tersangka ini dilakukan bekerja sama dengan Intelmob Batalyon B Brimob Polda Kalbar.

Tersangka RN alias KY ditangkap pertama kali di Jalan Pahlawan Gang Stempel, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah pada pekan lalu, Senin (8/6/2020).

Dari penangkapan RN alias KY ini, polisi mengetahui kalau narkotika jenis pil ekstasi yang disimpannya didapatkan dari AJ yang beralamat di Kelurahan Roban.

Berikutnya, polisi mendatangi tempat tinggal tersangka AJ. Namun, yang dicari sudah tak berada di rumahnya. Polisi melakukan penggeledahan disaksikan istri AJ

"Anggota menemukan barang bukti narkoba jenis pil ekstasi sebanyak 4 butir dalam kantong plastik klip warna orange seberat 1,6 gram dan uang tunai Rp700.000," katanya.


Sedangkan tersangka PO alias IP diamankan pada Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 20.00 WIB. PO alias IP ditangkap di rumah Jalan Mawar, Kelurahan Jawa, Kecamatan Singkawang Tengah.

Saat polisi melakukan penangkapan dan penggeledahan, ditemukan satu buah kotak korek api yang berisikan 3 paket dalam kantong plastik klip yang diduga berisikan narkoba jenis sabu-sabu.

Tak hanya itu, tersangka menyembunyikan uang hasil penjualan narkoba itu di kamar tidur ibunya.

"Di belakang lemari di kamar tidur yang ditempati ibunya ditemukan uang Rp200.000," katanya.


Dari tersangka PO alias IP, polisi mendapat nama UD yang kemudian ditangkap di rumahnya Jalan Jenderal Sudirman Gang RDKS, Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah.

Namun, saat polisi melakukan penggeledahan, tidak ditemukan barang bukti narkotika karena telah dibuang UD sewaktu tahu ada polisi datang.

"Anggota melakukan pencarian tetapi tidak menemukan barang bukti narkoba. Polisi tetap mengamankan UD untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Menurutnya, ketiga tersangka kini berada di Mapolres Singkawang. Akibat perbuatannya, ketiga pelaku akan dijerat Pasal 114 ayat 1 dan Pasal 112 ayat 1.

"Ancaman paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun penjara," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto