Warga di Perbatasan Malaysia Sukarela Serahkan Senpi Rakitan ke TNI

Antara ยท Minggu, 25 Juli 2021 - 16:15:00 WIB
Warga di Perbatasan Malaysia Sukarela Serahkan Senpi Rakitan ke TNI
Warga Temajuk menyerahkan secara sukarela senjata api rakitan ke personel Satgas Pamtas. (Foto: Ist)

PONTIANAK, iNews.id - Seorang warga di Desa Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia menyerahkan senjata api rakitan ke TNI. Penyerahan itu dilakukan usai personel TNI memberikan penjelasan tentang kepemilikan senjata api ilegal kepada warga.

"Penyerahan senpi rakitan secara sukarela ini sebagai bukti kedekatan anggota Satgas Pamtas dengan masyarakat yang merupakan hasil dari kegiatan teritorial yang gencar kami lakukan," kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS Letkol Hendro Wicaksono dalam keterngan tertulis, Minggu (25/7/2021). 

Penyerahan itu berawal ketika personel Pos Temajuk melaksanakan kegiatan karya bakti dan pelayanan kesehatan door to door kepada warga Dusun Sempadan, Desa Temajuk. Salah satunya kepada keluarga berinisial M (52).

"Saat itulah M mengutarakan bahwa dirinya masih menyimpan sepucuk senjata api rakitan miliknya yang selama ini untuk berburu," kata Hendro.

Mendengar perkataan M yang masih menyimpan senjata api rakitan, personel Pos Temajuk memberikan penjelasan bahwa menyimpan dan membawa senjata api adalah perbuatan ilegal dan melanggar hukum serta dapat dikenai sanksi pidana.

Setelah menerima penjelasan dari personel Pos Temajuk, M lantas mendatangi Pos Temajuk untuk menyerahkan senjata api rakitan miliknya.

"Kami akan terus berusaha memelihara kepercayaan masyarakat. Selain itu, pihaknya akan berbuat yang terbaik untuk negara serta membantu kesulitan warga di perbatasan," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto