Warga Perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu Sukarela Serahkan 7 Senpi Rakitan ke TNI

Reza Yunanto ยท Selasa, 25 Oktober 2022 - 11:33:00 WIB
Warga Perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu Sukarela Serahkan 7 Senpi Rakitan ke TNI
Seorang warga di perbatasan RI-Malaysia di Desa Melancau, Kecamatan Puring Kencana, Kapuas Hulu, Kalimantan Baratmenyerahkan senjata api rakitan ke Satgas Pamtas TNI. (Foto: Penerangan Yonarmed Trk19/105 Trk Bogani)

KAPUAS HULU, iNews.id - Seorang warga di perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, sukarela menyerahkan senjata api rakitan miliknya ke TNI. Dia menyadari kepemilikan senjata api itu melanggar hukum.

"Kami menerima senjata api rakitan dari seorang warga karena yang bersangkutan menyadari bahaya kepemilikan senjata api itu berbahaya, baik secara hukum maupun keselamatan," kata Dansatgas Pamtas Yon Armed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo dalam keterangan tertulis Selasa (24/10/2022).

Edi menjelaskan, warga tersebut tinggal di Desa Melancau, Kecamatan Puring Kencana yang berada di perbatasan dua negara.

Menurut Edi, Satgas Pamtas telah memberikan pemahaman kepada warga setempat terkait bahaya memiliki senjata api rakitan. Biasanya anggota Satgas Pamtas memberikan pemahaman sembari memberikan pengobatan gratis ke rumah-rumah warga.

Edi menambahkan, umumnya para warga memilikinya untuk berburu binatang di hutan. Hingga kini, Satgas Pamtas telah menerima 7 pucuk senjata api rakitan dari warga setempat. 

"Kami sangat berharap adanya kesadaran dari masyarakat," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: