Wow, Tunggakan PDAM Singkawang Capai Rp12 Miliar

Antara ยท Senin, 15 Juni 2020 - 18:06 WIB
Wow, Tunggakan PDAM Singkawang Capai Rp12 Miliar
Ilustrasi PDAM. (Foto: Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Tunggakan pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Gunung Poteng Singkawang, Kalimantan Barat mencapai Rp10 miliar hingga Rp12 miliar. Tunggakan itu merupakan akumulasi selama 10 tahun.

Demikian diungkapkan Direktur PDAM Gunung Poteng, Suriyandi di Singkawang, Senin (15/6/2020). Dia mengatakan, untuk menyelesaikan tunggakan yang sudah terjadi sejak 10 tahun itu, PDAM Gunung Poteng telah menggandeng Kejaksaan Negeri Singkawang.

"Kerja sama ini bukan hanya untuk penyelesaian tunggakan PDAM, tapi juga Kejaksaan Negeri Singkawang ditunjuk sebagai kaksa pengacara Negara yang bertindak untuk mengamankan aset PDAM Gunung Poteng," ujar Suriyandi.

Dia mengatakan, dengan kerja sama itu PDAM berharap kejaksaan bisa membantu penyelesaian tunggakan yang telah bertahun-tahun ini. Tak tertutup kemungkinan penyelesaian diselesaikan melalui mediasi, selain jalur hukum.

"Artinya, mana permasalahan yang bisa diselesaikan secara mediasi akan kita selesaikan dengan cara mediasi. Tetapi kalau memang harus dibawa ke jalur hukum, maka inilah pengacara kami," tuturnya.

Terkait kerjasama ini, Kepala Kejari Singkawang, Sinarta Sembiring mengatakan, kejaksaan sebagai pengacara negara mulai hari ini akan bertindak untuk dan atas nama PDAM Gunung Poteng Singkawang mengamankan aset PDAM Gunung Poteng dan meminimalisir kemungkinan kerugian yang terjadi oleh perbuatan pihak-pihak lain.

"Misalkan ada aset PDAM Gunung Poteng Singkawang yang dikuasai oleh pihak lain, maka kami yang akan mewakili agar aset tersebut bisa kembali ke PDAM. Kemudian, misalkan ada pelanggan air PDAM Gunung Poteng yang tidak membayar tagihan, maka kami bisa menagih dan menyelesaikan tagihan-tagihan tersebut," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto