Infografis Cerita Buaya Kuning yang Melindungi Suku Dayak Tanjung

Tsabita ยท Sabtu, 24 Juli 2021 - 23:14:00 WIB
Infografis Cerita Buaya Kuning yang Melindungi Suku Dayak Tanjung
Infografis Cerita Buaya Kuning yang Melindungi Suku Dayak Tanjung (Infografis: Uci Al Rasyid)

PONTIANAK, iNews.id - Warga suku Dayak Tanjung hingga kini banyak mendiami kawasan danau dan rawa gambut dengan sungai-sungai kecil di Kalimantan Timur (Kaltim). Kehidupan warga yang aman tenteram di sini diyakini tidak terlepas dari cerita buaya kuning.

Kepala Desa Enggelam, Mong mengatakan, masyarakat suku Dayak dulu kerap berperang memperebutkan wilayah hingga tanah ladang. Warga hidup di sepanjang alur Sungai Enggelam yang bermuara ke Danau Melintang akibat perang dan penaklukan wilayah. Mereka mendiami lokasi tersebut karena terpaksa berpindah-pindah tempat akibat perang antarsuku.

Setelah membangun permukiman yang sekarang menjadi Desa Enggelam, warga tetap cemas. Upaya membangun pertahanan dengan memasang titik pemantau di setiap sisi sungai tetap dilakukan.

Namun para penyerang tak kunjung datang lagi. Warga tinggal di desa tersebut dengan aman karena dulu buaya kuning yang dipercaya menjaga kampung mereka. Buaya ini tidak bisa dikalahkan oleh para penyerang itu.

Lokasi buaya kuning berada di salah satu sudut sungai. Lokasinya seolah menjadi gerbang masuk ke desa. Dahulu sejumlah warga kerap melihat kemunculan buaya ini, meski beberapa tidak mempercayainya.

Editor : Maria Christina