Penyelundupan sabu ke Lapas Singkawang, Kalimantan Barat disamarkan dalam es cincau. (Foto: Lapas Singkawang).
Antara

SINGKAWANG, iNews.id - Lapas Singkawang menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu. Barang terlarang itu disamarkan dalam takjil es cincau yang dikirim melalui jasa ojek online.

"Penggagalan upaya penyelundupan sabu tujuan Lapas Singkawang ini berkat ketelitian Petugas Pengamanan Pintu Utama," kata Plh Kepala Lapas Singkawang, Muhammad Masrul, Minggu (17/4/2022).

Masrul menjelaskan, paket takjil berisi sabu itu dikirim pada Minggu sore pukul 16.35 WIB. Saat itu ada pengemudi ojek online datang mengantarkan barang untuk masjid. Barang tersebut berisi kipas angin dan takjil es cincau dalam gelas plastik.

Petugas melihat kecurigaan takjil cincau tersebut. Sebab, di dalam gelas tidak terdapat air dan di antara cincau tersebut ada kemasan plastik berisi serbuk putih.

"Saya perintahkan untuk langsung membuka barang tersebut satu per satu. Kemudian ditemukan 42 paket narkotika jenis sabu," ujar Masrul.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Ika Yusanti, mengapresiasi keberhasilan petugas Lapas Singkawang mendeteksi pengiriman narkotika ini.

Dia mengatakan, petugas telah bekerja dengan cermat dan teliti sehingga bisa mendeteksi benda mencurigakan yang terbukti narkotika.

"Saya harap semua petugas senantiasa waspada. Lakukan penggeledahan terhadap semua orang dan barang yang akan masuk ke dalam lapas atau rutan dengan cermat dan teliti," katanya.

Dia juga berpesan agar tidak ada petugas lapas yang terlibat peredaran dan penyalahgunaan narkotika di dalam lingkungan lapas.

"Apabila ada petugas yang bermain-main dengan narkotika akan kami tindak tegas sesuai ketentuan berlaku," tutur Ika.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT