Harga kebutuhan pokok naik jelan lebaran (Foto: Ilustrasi/Dede F)
Antara

KAYONG UTARA, iNews.id - Kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Sumbar) mulai naik. Kenaikan ini terjadi menjelang Lebaran Idul Fitri tahun 2022.

"Menjelang Lebaran Idul Fitri 2022 harga berbagai kebutuhan pokok di Kayong Utara mulai naik. Untuk beberapa komoditi seperti telur dan tepung terigu sudah mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir," kata Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kayong Utara, Aan Ekanata, Minggu (24/4/2022).

Harga cabai basah mencapai Rp100.000 per kilogram, sedangkan bawang putih dan bawang merah masih berkisar Rp40.000 hingga Rp50.0000 per kilogram, sedangkan telur ayam ras berkisar Rp1.800 sampai Rp2.000 per butir atau tergantung ukuran.

Saat ini, kata dia, Pemkab Kayong Utara gencar melakukan pasar murah di sejumlah pasar di kecamatan yang ada sebagai upaya stabilitas harga di pasar menjelang Idul fitri 2022.

"Paket sembako murah yang kami jual diantaranya ada minyak goreng dua liter, gula pasir dua kilogram, susu kental manis satu kaleng, dan tepung terigu satu kilogram dengan harga Rp78.000 per paket," katanya.

Salah seorang warga di Sukadana Umik berharap walaupun harga sembako semakin mahal, namun dia berharap agar sembako tidak mengalami kelangkaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tersebut.

"Tentunya harapan kita harga jangan terlalu mahal walaupun ada kenaikan, terutama nanti kalau sudah dekat Lebaran di mana kebutuhan masyarakat semakin banyak," katanya.

Dia juga berharap, kegiatan pasar murah yang digelar Pemkab Kayong Utara bisa lebih rutin digelar dalam menstabilkan harga dan juga sangat berdampak sekali serta meringankan bagi masyarakat. 


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT