146 Prajurit TNI Kodam XII Tanjungpura Ikut Rapid Test, Ini Hasilnya

Antara ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 10:58 WIB
146 Prajurit TNI Kodam XII Tanjungpura Ikut Rapid Test, Ini Hasilnya
Rapid test di Kodam XII Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat. (Ist)

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 146 prajurit TNI Angkatan Darat di Kodam XII Tanjungpura, Kalimantan Barat mengikuti rapid test. Tes digelar di Posko Kesdam XII Tanjungpura di Pontianak, Rabu (27/5/2020).

"Rapid test ini sebagai langkah screening awal Covid-19 di lingkungan kerja Kodam XII Tanjungpura," kata Kapaldam XII/Tanjungpura, Kolonel Cpl Octovianus Oskar di Pontianak, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya rapid test untuk personel Kodam XII Tanjungpura ini dinilai penting, karena para prajurit TNI ini saat bertugas sering berinteraksi dengan banyak orang. Kondii itu berpotensi terpapar Covid-19.

"Untuk itu rapid test ini dilakukan sebagai langkah antisipasi. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam yang telah memberikan kesempatan rapid test kepada satuan jajaran," katanya.

Sementara itu Kepala Kesehatan Daerah Militer (Kakesdam) XII Tanjungpura, Kolonel Ckm Sebastian AB menjelaskan, rapid test yang dilakukan tersebut merupakan metode penyaringan awal. Untuk memastikan apakah ada prajurit TNI yang terjangkit corona, tetap dilakukan melalui pemeriksaan swab dengan metode PCR.

Namun, dari hasil rapid test seluruh personel Kodam XII Tanjungpura yang berlangsung kemarin itu, seluruhnya menunjukkan hasil nonreaktif.

"Namun kita tetap menekankan, agar personel tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan masing-masing," katanya.


Editor : Reza Yunanto