18 Nakes RSUD Palangka Raya Positif Covid-19, Penularan Tak Semua dari Rumah Sakit

Antara ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 13:28 WIB
18 Nakes RSUD Palangka Raya Positif Covid-19, Penularan Tak Semua dari Rumah Sakit
RSUD dr Dorys Sylvanus Palangka Raya (Antara)

PALANGKA RAYA, iNews.id - Sebanyak 18 orang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus, Palangka Raya, Kalimantan Tengah positif terjangkit virus corona (Covid-19). Namun, tak semua kasus akibat penularan di rumah sakit.

"Benar, ada belasan tenaga kesehatan di RSUD Doris Sylvanus terkonfirmasi positif Covid-19," kata Direktur Utama RSUD Doris Sylvanus, Yayu Indiraty dihubungi, Minggu (21/6/2020).

Yayu menjelaskan 18 nakes yang terjangkit virus corona itu tak ada yang berstatus dokter. Mereka yakni perawat, bidan, petugas gizi, hingga staf administrasi. Dia juga memastikan, penularan yang terjadi juga tak semua dari rumah sakit lantaran mereka tidak bertugas di ruang isolasi pasien Covid-19.

"Berdasarkan hasil penelusuran RS, penularan bermacam sumber dan bisa dilokalisir," tuturnya.

Dia menambahkan, hasil pelacakan diketahui mereka yang positif itu ada yang sering ke pasar, ada yang merawat keluarga atau pasien sakit, orang tua bekerja sebagai pedagang di pasar.

Berikutnya ada yang terdeteksi pernah kontak dengan pasien dan keluarga pasien di bangsal, yang ternyata setelah di-swab hasilnya positif. Ada juga yang terinfeksi silang antarpetugas dan keluarganya yang akrab.

"Mereka bukan petugas di ruang isolasi Covid-19. Karena memang mereka rawan tertular, tidak seketat petugas di isolasi termasuk pergerakan mereka," katanya.

Yayu mengatakan, 18 orang tenaga kesehatan itu diketahui positif pada 16 Juni 2020 lalu dan kini telah menjalani perawatan dan karantina.


Editor : Reza Yunanto