2 Kabupaten di Kalbar Zona Hijau, Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19

iNews.id ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 09:14 WIB
2 Kabupaten di Kalbar Zona Hijau, Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - Dua kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar) masuk kategori zona hijau. Dua kabupaten tersebut tidak mencatat penambahan kasus positif Covid-19 dalam sebulan terakhir.

Dua kabupaten yang masuk zona hijau itu yakni Kabupaten Kayong Utara dan Kapuas Hulu.

Melansir data yang tercatat di Dinas Kesehatan Kalbar, Rabu (8/7/2020), keduanya tidak lagi mencatat penambahan kasus positif. Bahkan, seluruh kasus positif telah sembuh.

Sebelumnya, di Kabupaten Kayong Utara tercatat ada tiga kasus positif, sedangkan di Kabupaten Kapuas Hulu hanya dua kasus positif. 

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 sebelumnya mengumumkan 104 kabupaten dan kota di Indonesia yang masuk zona hijau. Wilayah yang masuk zona hijau tidak lagi mencatat penambahan kasus positif dalam empat pekan terakhir.

"Data yang kita analisis merupakan data terakhir di tanggal 5 Juli 2020. Empat puluh tiga kabupaten-kota yang sudah berhasil masuk ke dalam zona hijau setelah sebelumnya terdampak Covid-19, namun selama empat pekan terakhir sudah tidak ditemukan kasus positif Covid dan angka kesembuhan mencapai seratus persen," kata Tim Pakar GTPP Covid-19, Dewi Nur Aisyah di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Melansir data Laporan Media Harian Covid-19, kasus positif di Kalbar saat ini mencapai 344 orang. Dari jumlah itu, 305 orang dinyatakan sembuh, dan empat orang meninggal dunia.

Saat ini tersisa 35 orang yang masih dalam perawatan. Sebanyak empat orang dirawat di rumah sakit, sedangkan 31 orang menjalani isolasi ketat di lokasi karantina.


Editor : Reza Yunanto