2 Maling di Pontianak Pura-Pura Panjat Pohon Mangga usai Dipergoki Bobol Dealer Motor

Okezone, Ade Putra ยท Senin, 25 Mei 2020 - 18:36 WIB
2 Maling  di Pontianak Pura-Pura Panjat Pohon Mangga usai Dipergoki Bobol Dealer Motor
Ilustrasi penangkapan pencuri. (Foto: Okezone)

PONTIANAK, iNews.id – Dua maling ditangkap polisi setelah membobol dealer sepeda motor di Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Kedua pelaku sempat berpura-pura memanjat pohon dan memetik buah mangga untuk menghindari kepungan warga dan polisi.

Kedua pelaku yang berinisial UD dan GO kini sudah diamankan petugas Polresta Pontianak Kota. Polisi juga mengamankan barang bukti hasil curian dari kedua tersangka saat beraksi pada Sabtu (23/5/2020), yakni sembilan laptop, satu handphone, serta uang tunai sebesar Rp277 juta dalam brankas.

"Hasil pemeriksaan sementara, keduanya masuk melalui pintu lantai dua dealer motor," kata Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota AKP Rully Robinson Polii di Pontianak, Senin (25/5/2020).

Rully mengatakan, kedua pelaku ditangkap setelah mereka Unit Jatanras Polresta Pontianak mendapat informasi dari warga. Saat itu, petugas melakukan giat rutin Blue Patrol di sekitar Jalan Teuku Umar.

"Personel Jatanras lalu mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada laki-laki tidak dikenal memasuki dealer motor," kata Rully.

Mendapatkan informasi dari masyarakat, petugas pun langsung menuju ke lokasi kejadian. Sesampainya di sana, ternyata benar ada dua laki-laki tidak dikenal memasuki dealer itu. Saat dikejar, mereka malah berpura-pura memanjat pohon mangga.

Kedua pelaku juga berusaha melarikan diri dan melawan petugas. Tembakan peringatan dari polisi tidak diindahkan. Akhirnya petugas melakukan tindakan terukur dan berhasil melumpuhkan keduanya. "Kami kemudian membawa keduanya ke RS Anton Soerjarwo Pontianak untuk mendapat pertolongan medis," kata Rulli.

Saksi mata yang juga warga setempat, Eko mengatakan, awalnya dia melihat lampu dalam bangunan dealer sepeda motor di Kecamatan Pontianak Kota itu menyala, Sabtu malam. Curiga, dia lantas mengecek sekitar bangunan dan menemukan pintu belakang dalam keadaan terbongkar.

Eko yang curiga ada maling yang beraksi di dealer sepeda motor itu selanjutnya memberitahukan kepada warga lainnya. Warga semakin curiga setelah mendengar suara berisik, seperti orang yang membongkar suatu benda.

"Kami mendengar suara keras dari dalam, sepertinya ada yang lagi membongkar apa gitu," ujar Eko, Senin (25/5/2020).

Warga selanjutnya melapor kepada kepolisian setempat. Anggota Unit Jatanras Polresta Pontianak yang mendapat laporan langsung melakukan pengepungan bersama warga.

"Kedua pelaku tahu kalau dikepung, jadi mereka berusaha kabur ke arah belakang bangunan," ujar Eko.

Ternyata jalan pelarian itu buntu. Di setiap penjuru sudah ada polisi yang mengepung. Kedua pencuri akhirnya ditangkap setelah sempat berupaya mengelabui petugas dengan cara berpura-pura memanjat pohon mangga.

"Kedua maling ini sempat memanjat pohon mangga di belakang rumah warga. Mereka pura-pura sedang mengambil mangga," kata Eko.


Editor : Maria Christina