25 TKA China Telantar di Ketapang Akan Dikirim ke Rudenim Pontianak

Antara ยท Rabu, 12 Januari 2022 - 13:04:00 WIB
25 TKA China Telantar di Ketapang Akan Dikirim ke Rudenim Pontianak
Tenaga Kerja Asing (TKA) China di Ketapang, Kalimantan Barat dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi beberapa waktu lalu. (iNews.id/Gusti Eddy)

KETAPANG, iNews.id - Sebanyak 25 tenaga kerja asing (TKA) China telantar di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Mereka akan dikirim ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pontianak agar tak menjadi masalah sosial.

"Kita akan segera melakukan pergeseran agar mereka jangan di Ketapang karena bisa menimbulkan dampak sosial dan keamanan. Harus dipindahkan Rudenim di Pontianak secepatnya," ujar Bupati Ketapang Martin Rantan, Rabu (12/1/2022).

Martin mengatakan, sebagai kepala daerah dirinya tak bisa mangkir dari persoalan ini. Dirinya telah bertemu dengan 25 TKA China itu di kantornya pada Jumat (7/1/2021).

TKA China yang telantar itu mengaku bekerja di PT Sultan Rafli Mandiri (SRM). Mereka hidup telantar di Ketapang dan belum mendapatkan gaji dari perusahaan yang mendatangkan mereka.

Martin mengatakan, Pemkab Ketapang mengurus para TKA China ini karena pertimbangan kemanusiaan. Namun juga tetap harus mempertimbangkan aspek keamanan, karena mereka adalah warga negara asing.

"Kalau mereka menimbulkan kejahatan di sini bisa repot kita. Jadi lebih baik digeser saja dari Ketapang," katanya.

Menurut Martin setelah para TKA China itu berada di Rudenim Pontianak, dirinya akan berkomunikasi dengan perusahaan dan perwakilan China untuk mencari solusi.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: