252 Desa di Kalbar Belum Terjangkau Internet, 928 Lemah Sinyal

Antara ยท Selasa, 06 April 2021 - 16:28:00 WIB
252 Desa di Kalbar Belum Terjangkau Internet, 928 Lemah Sinyal
Ilustrasi: 252 desa di Kalbar belum terjangkau sinyal internet.

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 252 desa di Kalimantan Barat (Kalbar) belum terjangkau internet. Hal ini salah satu yang menghambat rencana digitalisasi di Kalbar.

"Masih ada 252 desa belum terjangkau internet dan 928 desa yang sinyalnya lemah. Ini yang sebenarnya perlu mendapat dorongan," kata Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Kalbar, Alfian di Kubu Raya, Selasa (6/4/2021).

Dia mengatakan hal itu akan segera diatasi. Sebab Pemprov Kalbar sedang mendorong elektronifikasi transaksi pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota.

"Untuk di Pemprov sudah jalan, hanya saja kita sekarang perlu mendukung percepatan bagi kabupaten dan kota," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalbar, Agus Chusaini mengatakan sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan beberapa kementerian untuk masalah telekomunikasi.

"Kami sudah berkoordinasi mengenai telekomunikasi dengan Pemda dan beberapa menteri. Seperti yang sudah pak menteri katakan bahwa akan dipasang jaringan 4G di seluruh desa yang targetnya 2024 dan akan dipercepat di tahun 2022," katanya.

Dirinya berharap tidak ada lagi desa ataupun kabupaten yang masih blank spot atau belum tersentuh sinyal.

"Mudah-mudahan ini berjalan dan tahun 2022 sudah tidak ada lagi desa ataupun kabupaten yang blank spot sehingga elekronifikasi berjalan dengan baik," katanya.

Editor : Reza Yunanto