Ringankan Beban UMKM, Pemkot Pontianak Berikan Kemudahan Usaha

Antara ยท Selasa, 06 April 2021 - 14:52:00 WIB
Ringankan Beban UMKM, Pemkot Pontianak Berikan Kemudahan Usaha
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pontianak terpukul akibat pandemi Covid-19. Pemerintah Kota Pontianak memberikan berbagai kemudahan agar mereka bisa bangkit lagi.

"Kami terus berupaya meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini melalui berbagai program, salah satunya kepada pelaku UMM," kata Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, Selasa (6/4/2021).

Upaya Pemkot Pontianak dalam mendorong pelaku UMKM untuk bangkit kembali di antaranya mengizinkan pelakuUMKM membuka kembali usahanya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berbagai kemudahan itu bertujuan untuk pertumbuhan ekonomi yang bisa bangkit kembali sehingga pendapatan daerah juga ikut meningkat.

"Langkah ini sebagai upaya mendorong UMKM bergairah kembali tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan agar aman dari Covid-19," katanya.

Bahasan menambahkan upaya lainnya yaitu dengan memberikan kemudahan dalam perizinan serta insentif hingga percepatan pelayanan perizinan.

"Sedangkan soal permodalan kita akan kerja sama dengan perbankan agar bisa memberikan keringanan bagi mereka," ujarnya.

Menurutnya beberapa usaha di Pontianak saat ini telah bangkit kembali.

"Beberapa usaha yang sudah mulai beraktivitas seperti warung kopi, rumah makan, restoran, hotel, wedding organizer, taman-taman dan sebagainya," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto