6 Warga Kalbar Positif Corona, Gubernur Sutarmidji Tunda Sekolah Tatap Muka

Reza Yunanto ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 09:56 WIB
6 Warga Kalbar Positif Corona, Gubernur Sutarmidji Tunda Sekolah Tatap Muka
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji kemungkinan menunda belajar tatap muka di sekolah pada 3 Agustus 2020. Hal itu dilakukan karena ada enam warga yang dinyatakan positif Covid-19.

"Daerah yang masih ada kasus (positif), berdasarkan aturan gugus tugas tak boleh sekolah tatap muka," kata Sutarmidji dikutip dari laman Facebook miliknya, Minggu (2/8/2020).

Sutarmidji mengatakan, enam warga yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 itu, terdiri atas tiga orang dari Kabupaten Kubu Raya, dan tiga orang dari Kota Pontianak. Dirinya meminta semua daerah kembali melakukan rapid test dan swab PCR meski tidak ditemukan kasus positif lagi.

Menurutnya, kasus positif di suatu daerah juga akan berdampak pada perekonomian setempat. Sebab orang menjadi tidak berani datang ke daerah tersebut.

"Daerah yang tidak mengkaji itu, pasti akan berdampak pada pendapatannya," tutur mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini.

Sebelumnya, Sutarmidji sempat mewacanakan untuk membuka sekolah dan menggelar belajar tatap muka untuk siswa SMA/SMK di Kalbar. Persiapan dilakukan dengan menggelar rapid test untuk seluruh guru dan staf di sekolah.

Hal itu dilakukan karena Kalbar sempat mencatat nol kasus, dan 100 persen pasien telah sembuh pada 22 Juli 2020 lalu.


Editor : Reza Yunanto