700 Kamar Isolasi Menanti Warga Kalbar yang Ketahuan Mudik

Antara ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 08:42:00 WIB
700 Kamar Isolasi Menanti Warga Kalbar yang Ketahuan Mudik
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menegaskan larangan mudik. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji dengan tegas melarang aktivitas mudik menjelang Lebaran. Bagi yang terjaring razia larangan mudik siap-siap dikarantina selama 14 hari.

"Kita sudah siapkan 700 kamar isolasi. Kalau masih ngotot dan tertangkap melanggar aturan mudik maupun protokol kesehatan (prokes) langsung karantina 14 hari," ujar Sutarmidji di Pontianak, Senin (3/5/2021).

Sutarmidji menambahkan, 700 kamar isolasi yang disiapkan itu bukan untuk menakut-nakuti. Tapi agar warga mempertimbangkan kembali untuk tidak melakukan mudik dan melanggar prokes.

Menurutnya, kondisi Covid-19 saat ini di Kalbar terjadi peningkatan. Kasus positif meningkat 50 persen dan kasus kematian naik hingga dua kali lipat. Sementara itu kasus aktif yang dirawat di rumah sakit yang semula sudah turun 20 persen, kini malah melonjak naik 47 persen.

Sutarmidji mengingatkan, mudik berpotensi menyebarkan Covid-19. Karena itu, dia telah telah meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota mendirikan posko pemeriksaan di pintu-pintu masuk.

"Saya sudah minta Pemda untuk melakukan pengetatan pada pintu masuk daerahnya masing-masing," tuturnya.

Dalam pemeriksaan di posko tersebut, bila ada yang ketahuan mudik akan dilakukan tes swab. 

"Jika hasil swabnya positif, maka siap-siap untuk menempati kamar yang sudah kita siapkan selama 14 hari," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto