9 Daerah di Kalbar Zona Kuning, 3 Bersiap Masuk Zona Hijau Bebas Covid-19

Antara ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 09:13 WIB
9 Daerah di Kalbar Zona Kuning, 3 Bersiap Masuk Zona Hijau Bebas Covid-19
Kepala Dinkes Kalimantan Barat dr Harisson. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak sembilan daerah di Kalimantan Barat masuk kategori zona kuning Covid-19. Tiga di antaranya bersiap masuk zona hijau karena sudah tidak ditemukan kasus positif dalam sepekan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson mengatakan, daerah yang masuk dalam zona kuning atau berisiko rendah itu yakni Pontianak, Melawi, Sekadau, Mempawah, Sintang, Ketapang, Singkawang, Kubu Raya, dan Bengkayang.

Sedangkan dua daerah yang sudah dinyatakan zona hijau yakni Kayong Utara dan Kapuas Hulu.

Harisson mengatakan, untuk Kalbar sebenarnya terdapat lima kabupaten yang sudah tidak ditemukan kasus positif Covid-19. Selain Kayong Utara dan Kapuas Hulu, yakni Sekadau, Melawi, dan Ketapang.

"Namun karena tiga daerah selain Kapuas Hulu dan Kayong Utara, ketidakadaan kasusnya baru masuk dalam minggu ini, sehingga Gugus Tugas Covid-19 belum menetapkan tiga daerah tersebut sebagai zona hijau," kata Harisson, Kamis (9/7/2020).

Harisson sebelumnya mengatakan, kendari Kayong Utara dan Kapuas Hulu telah memasuki zona hijau, namun tetap diminta menggencarkan rapid test.

Menurutnya, tidak adanya kasus positif itu bukan berarti sudah benar-benar terbebas dari Covid-19. Bisa saja hal itu terjadi karena kurang maksimal melakukan rapid test dan tracing kasus, sehingga masih ada yang tidak terdeteksi.

"Dalam zona hijau itu bukan berarti kita harus percaya bahwa di daerah itu benar-benar tidak ada kasus. Karena beberapa kabupaten itu pelaksanaan tes cepatnya masih sangat kecil sehingga kasus tidak ditemukan," katanya.


Editor : Reza Yunanto