9 Penumpang Citilink dari Surabaya ke Pontianak Dites Swab

Antara ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 10:26 WIB
9 Penumpang Citilink dari Surabaya ke Pontianak Dites Swab
Petugas melakukan disinfeksi pesawat yang membawa penumpang reaktif covid-19 berdasarkan rapid test. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak sembilan penumpang pesawat Citilink dari Surabaya ke Pontianak, Kalimantan Barat menjalani tes swab. Dua orang penumpang pesawat tersebut positif terjangkit Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, total ada 52 penumpang pesawat maskapai Citilink dalam penerbangan pada 1 Agustus 2020 tersebut.

Dari jumlah itu, 18 orang merupakan warga Pontianak. Namun yang bisa dihubungi hanya sembilan orang. Mereka yang bisa dihubungi ini diminta untuk menjalani tes swab.

"Yang bisa dihubungi sebanyak sembilan orang sehingga langsung dilakukan tes usap," kata Sidiq dalam keterangan kepada media, Jumat (7/8/2020).

Dia mengatakan tak semua penumpang Citilink berada di Pontianak. Beberapa tercatat sudah meneruskan perjalanan ke Kabupaten Ketapang, dan ke luar Kalbar, di antaranya ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Bahkan ada penumpang yang sampai saat ini tidak bisa ditelusuri keberadaannya.

"Sementara tiga orang belum bisa dihubungi karena tidak ada alamat dan nomor handphone-nya," katanya.

Sebelumnya diberitakan, dua penumpang pesawat Citilink dari Surabaya tujuan Pontianak positif terjangkit Covid-19. Dua penumpang tersebut yakni Ismail (42) dan Mis (58).

Mis merupakan warga Kabupaten Kubu Raya. Sedangkan Ismail merupakan warga Jombang, Jawa Timur. Keduanya saat ini telah diisolasi.

Ismail sempat kabur dari tempatnya menginap di Hotel Jeruju Baru saat akan dibawa ke tempat isolasi.

Namun pelarian Ismail berakhir saat ditemukan warga bersembunyi di suatu tempat di Desa Jawa Tengah, Sungai Ambawang, Kubu Raya, pada Rabu (5/8/2020) malam.


Editor : Reza Yunanto