6 Agama Beserta Kitab Suci dan Tempat Ibadahnya di Indonesia

Sintia Putri Balqis ยท Jumat, 30 September 2022 - 11:20:00 WIB
6 Agama Beserta Kitab Suci dan Tempat Ibadahnya di Indonesia
Agama Beserta Kitab Suci dan Tempat Ibadahnya di Indonesia. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id Agama beserta kitab suci dan tempat ibadahnya di Indonesia perlu diketahui. Indonesia adalah negara yang melindungi kebebasan beragama penduduknya. 

Sebagai negara yang penduduknya terdiri atas beragam agama, etnis dan budaya, masyarakat Indonesia hidup berdampingan satu sama lain. Sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. 

Pemerintah Indonesia mengakui enam agama. Penganut agama tersebut dilindungi dalam menjalankan ibadahnya. Hari raya suatu agama ditetapkan pemerintah Indonesia menjadi hari libur nasional. 

Berikut deretan agama beserta kitab suci dan tempat ibadahnya di Indonesia

1. Islam

Masjid Baiturrahman Aceh. (Foto: Antara).
Masjid Baiturrahman Aceh. (Foto: Antara).

Agama Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Agama Islam pertama kali masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7 atau abad ke-8, melalui pedagang Arab dan Persia yang datang ke Indonesia. 

Kitab suci agama Islam yang digunakan adalah Al-Quran yang terdiri atas 114 surat, 30 juz, dan 6236 ayat. Tempat ibadah agama Islam adalah Masjid. Dikenal juga tempat ibadah berupa musala, langgar, atau surau.

Dilansir dari indonesia.go.id, agama Islam sebagai dianut oleh lebih dari 207 juta orang, atau 87.2 persen penduduk di Indonesia. 

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: