Atlet dan Ofisial Kalbar di PON Papua Akan Dikarantina 5 Hari

Antara ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 13:49:00 WIB
Atlet dan Ofisial Kalbar di PON Papua Akan Dikarantina 5 Hari
Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson mengatakan seluruh anggota kontingen PON XX Papua akan menjalani karantina.. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) akan mengarantina seluruh atlet dan ofisial yang mengikuti PON XX Papua 2021. Kebijakan itu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Telah diterbitkan Adendum SE 17 tahun 2021 Satgas Covid Nasional yang mengatur tentang karantina selama 5 hari dan tes usap PCR bagi kontingen PON XX Papua yang kembali ke daerah nya masing- masing," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson di Pontianak, Selasa (12/10/2021).

Harisson menambahkan, hal itu juga berlaku bagi ofisial seperti pelatih, pengurus cabang olah raga, termasuk petugas keamanan yang dikirim untuk mengawal kontingen di arena PON XX Papua.

Menurut Harisson, mereka wajib mengikuti tes PCR dan karantina selama 5 x 24 jam setibanya di Kalbar di fasilitas karantina atau isolasi terpusat (isoter) yang telah ditunjuk dan disiapkan oleh Pemprov Kalbar.

Pelaksanaan karantina bagi kontingen Kalbar menggunakan gedung LPMP di Jalan Abdul Muis di Pontianak Timur. Anggota kontingen yang hasil tes usap PCR-nya negatif atau belum keluar akan ditempatkan di gedung tersebut.

Bagi yang mendapat hasil tes usap positif, akan menjalani isolasi selama 10 hari di isoter yang berada di Upelkes Siantan.

"Kita bedakan tempat karantina kontingen yang sehat atau negatif tes PCR, dengan kontingen yang memang hasilnya positif," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: