Banjir akibat Luapan Sungai di Katingan Kalteng Nyaris Memutus Akses Jalan

Ade Sata ยท Sabtu, 19 September 2020 - 06:25 WIB
Banjir akibat Luapan Sungai di Katingan Kalteng Nyaris Memutus Akses Jalan
Banjir akibat luapan sungai nyaris memutus akses jalan antarkabupaten sepanjang satu kilometer, Jumat (18/9/2020). (iNews.id/Ade Sata)

PALANGKA RAYA, iNews.id - Banjir di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah nyaris memutus akses jalan penguhubung antarkabupaten sepanjang satu kilometer. Penumpukan kendaraan terjadi lantaran pengendara harus berhati-hati saat melewati jalan yang terendam banjir.

Pantauan iNews.id, banjir sedalam hingga 0,5 meter merendam jalan penghubung antarkabupaten di Desa Kasongan Lama, Kecamatan Katingan. Derasnya arus air yang merendam jalan tersebut membuat beberapa pengendara kesulitan melewati jalan.

"Banjirnya deras sampai ke tengah jalan. Kurang lebih ada lima titik banjir dengan panjang sekitar satu kilometer," ujar Lurah Kasongan Lama, Dirmansyah, Jumat (18/9/2020) sore.

Dia mengatakan, banjir yang menggenangi jalan kabupaten ini terjadi sejak pagi. Dengan kondisi curah hujan yang masih tinggi, diprediksi kondisi banjir masih bisa berlangsung hingga hari ini.

Banjir terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi sehingga air di Sungai Katingan meluap hingga ke jalan.

Sementara itu kesulitan pengendara melewati jalan yang digenangi banjir membuat terjadi penumpukan kendaraan. Sejumlah petugas gabungan dari TNI dan Polri tampak membantu sejumlah pengendara terutama motor untuk melewati jalan yang tergenang banjir.

Para petugas gabungan sejak beberapa hari terakhir bersiaga di lokasi, lantaran banjir tahun ini dinilai terparah. Tak hanya merendam rumah warga,tapi juga memutus banyak akses jalan.


Editor : Reza Yunanto