Banjir di Sekadau Kalbar akibat Sungai Kapuas Meluap, 1 Tewas 8.430 Jiwa Terdampak

Antara ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 12:49:00 WIB
Banjir di Sekadau Kalbar akibat Sungai Kapuas Meluap, 1 Tewas 8.430 Jiwa Terdampak
Banjir Sekadau di jalan menuju Puskesmas dan Polsek Belitang Hilir. (ANTARA/Ho)

PUTUSSIBAU, iNews.id - Banjir yang melanda Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengakibatkan satu warga meninggal dunia. Selain itu bencana ini merendam 2.541 unit rumah warga setempat dengan ketinggian air rata-rata 1-2,5 meter lebih dari permukaan tanah.

"Dari laporan yang kami terima sedikitnya 2.541 kepala keluarga (KK) terdiri atas 8.430 jiwa terdampak banjir. Dari jumlah tersebut, 571 KK atau 1.879 jiwa mengungsi akibat banjir di Sekadau," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, Kamis (28/10/2021).

Dia menjelaskan, banjir yang terjadi disebabkan intensitas hujan tinggi dan Sungai Kapuas meluap sehingga menggenangi beberapa wilayah di Sekadau, yaitu Desa Mungguk, Desa Sungai Ringin, Desa Tanjung, Desa Merapi, Desa Seberang Kapuas dan Desa Penit yang berada di Kecamatan Sekadau Hilir. Kemudian Desa Belitang I dan Desa Belitang II di Kecamatan Belitang.

Untuk menghadapi musim hujan, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sekadau Matius Jon menyampaikan debit air mengalami kenaikan signifikan sejak Sabtu (23/10/2021).

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: