Banjir Merendam 175 Rumah di Landak akibat Luapan Sungai Seladan

Antara · Senin, 11 Januari 2021 - 17:03:00 WIB
Banjir Merendam 175 Rumah di Landak akibat Luapan Sungai Seladan
Bupati Landak Karolin Margret Natasha saat meninjau lokasi banjir di wilayahnya beberapa saat lalu. (iNews.id/Uun Yuniar)

LANDAK, iNews.id-  Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Landak, Kalimantan Barat mengakibatkan 175 rumah di tiga dusun Kecamatan Meranti terendam banjir. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Seladan.

"Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak banjir telah merendam tiga dusun yaitu dusun Seladan, dusun Seladan Gawak, dan Dusun Pelanjau,"  kata Bupati Landak, Karolin Margaret Natasa di Ngabang, Senin (11/1/2021).

Dia menyebut, ketinggian air yang merendam ratusan rumah itu sekitar 100 hingga 160 cm. Namun di beberapa lokasi air sudah berangsur surut dengan rata-rata ketinggian air saat ini 100 cm. Total warga terdampak mencapai 752 orang.

"Informasi yang kita dapat telah terjadi banjir karena hujan deras sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Seladan," tuturnya.

Menurutnya untuk mengatasi dampak banjir, Pemerintah Kabupaten Landak telah menyalurkan bantuan logistik beras  sebanyak 500 kilogram untuk warga yang terdampak.

Dia mengigatkan kepada warganya untuk waspada banjir lanjutan. Merujuk prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak, pekan ini wilayah Kabupaten Landak akan berpotensi hujan lebat disertai kilat dan petir, serta angin kencang. 

"Berdasarkan prakiraan cuaca dalam pekan ini, Kabupaten Landak masih mengalami hujan lebat dan berpotensi angin kencang sehingga saya meminta masyarakat tetap waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata mantan anggota DPR ini.

Editor : Reza Yunanto