Baru Bebas dari Rutan Pontianak, 2 Residivis Ditembak Polisi usai Kepergok Curi Motor

Antara ยท Minggu, 26 April 2020 - 14:14:00 WIB
Baru Bebas dari Rutan Pontianak, 2 Residivis Ditembak Polisi usai Kepergok Curi Motor
ilustrasi curanmor (dok iNews.id)

PONTIANAK, iNews.id - Dua orang napi yang baru bebas dari Rutan Pontianak, Kalimantan Barat kembali mencuri kendaraan bermotor (curanmor). Polisi memberi tindakan tegas ke bagian kaki karena keduanya berusaha kabur.

"Keduanya terpaksa dilumpukan dengan timah panas di bagian kaki, karena berusaha melarikan diri saat akan dilakukan olah TKP (tempat kejadian perkara)," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar, Kombes (Pol) Veris Septiansyah di Pontianak, Minggu (26/4/2020).

Dua pelaku curanmor yang ditangkap itu berinisial Pay (33) dan RK (24). Keduanya ditangkap Unit Resmob Polda Kalbar pada Minggu pagi.

Awalnya, petugas Unit Resmob Polda Kalbar menangkap Pay di wilayah Kota Pontianak. Dari hasil pemeriksaan petugas, Pay mengaku telah mencuri satu unit motor Honda Vario warna putih di Jalan Gajah Mada bersama RK. Dari pengakuan itu, petugas bergerak menangkap RK yang juga mengakui perbuatannya.

Setelah penangkapan, keduanya diminta untuk menunjukkan motor hasil curian dan ke lokasi kejadian untuk menjalankan olah TKP. Namun, saat di TKP, keduanya berusaha kabur.

Tembakan peringatan petugas tidak diindahkan keduanya, hingga terpaksa diberikan tindakan tegas ke bagian kaki.

"Saat melakukan olah TKP, kedua tersangka itu berusaha melarikan diri dan melawan petugas, dan tim kami sempat memberikan tembakan peringatan namun tidak diindahkan oleh keduanya, sehingga terpaksa memberi tindakan tegas dan terukur," ujarnya.

Tembakan ke arah kaki membuat keduanya tersungkur ke tanah. Petugas kemudian membawa keduanya menuju RS Anton Soedjarwo untuk mendapatkan tindakan medis.

"Usai mendapatkan perawatan medis, kedua tersangka itu kami bawa menuju Mapolda Kalbar guna proses hukum lebih lanjut," katanya.

Dalam pengungkapan ini, petugas mengamankan satu unit sepeda motor Honda Vario warna putih tanpa nomor polisi yang diduga hasil kejahatan.

"Untuk proses lebih lanjut, pelaku dan barang bukti saat ini kami amankan ke Mapolda Kalbar," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: