Begini Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya, Termasuk Hewan Terpintar di Dunia

Ami Heppy S ยท Senin, 19 September 2022 - 21:34:00 WIB
Begini Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya, Termasuk Hewan Terpintar di Dunia
Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Begini cara hyena mempertahankan diri dan wilayahnya yang jarang kita ketahui. Hyena merupakan hewan karnivora yang biasa hidup di Benua Afrika maupun Asia. Hyena memiliki habitat di daerah sabana, padang rumput, hutan, ataupun sub gurun.

Mengutip laman cs.mcgill.ca, meski hyena memiliki kemiripan fisik dengan anjing liar, mereka membentuk keluarga biologis terpisah yang paling dekat hubungannya dengan Herpestidae (keluarga luwak dan meerkat). 

Hyena memiliki salah satu rahang terkuat di kerajaan hewan. Tekanan gigitan hyena dewasa bahkan bisa mencapai 800 lb per inci persegi, dimana ini dapat menghancurkan tulang.

Namun, hewan ini kerap disalahpahami sebagai hewan yang rakus dan bodoh. Faktanya adalah, hyena merupakan pemburu yang sangat andal dan termasuk hewan yang sangat pintar. 

Hyena adalah predator paling sukses di Afrika menurut National Geographic. Hewan ini juga memiliki penglihatan, pendengaran, dan penciuman yang sangat baik. 

Lalu, bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya? Simak ulasan iNews.id berikut ini.

Begini Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya

Hyena termasuk karnivora besar yang umum dijumpai di Afrika. Dikutip dari African Wildlife Foundation, ada tiga spesies hyena, yakni tutul, coklat, dan belang. Diman hyena tutul adalah yang terbesar dari ketiganya.

Hewan ini memiliki penglihatan dan pendengaran malam hari yang sangat baik. Dalam mempertahan diri dan wilayahnya, hyena umumnya akan memanggil kelompoknya. 

Mereka kemudian akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya melalui cara bergerombol.
Hyena juga tergolong hewan yang pintar. 

Mereka akan menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan kemudian akan memperkirakan berapa jumlah temannya yang harus ada untuk membantu mengusir lawannya tersebut.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: