Berada di Lahan Gambut, Jalan Nasional di Putussibau Dibangun Mirip Tol Layang

Antara ยท Senin, 22 Februari 2021 - 10:00:00 WIB
Berada di Lahan Gambut, Jalan Nasional di Putussibau Dibangun Mirip Tol Layang
Ilustrasi: Jalan nasional di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat akan dibangun mirip jalan layang tol. (Foto: Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran Rp30-40 miliar untuk membangun jalan nasional Putussibau-Kalis di Kapubaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jalan tersebut akan dibangun menyerupai jalan tol layang agar tak terendam banjir.

"Jalan itu akan dibangun seperti jalan tol karena itu lahan gambut sehingga harus bertiang agar tidak terbenam," kata Ketua Komisi V DPR Lasarus di Putussibau, Minggu (21/2/2021).

Dia mengatakan, pembangunan jalan itu saat ini masih tahap perencanaan. Sebab jalan tersebut akan ditangani secara khusus. Dengan kondisi lahan gambut kedalaman 19 meter, tidak mungkin hanya ditimbun saja.

"Tinggal tunggu saja, yang jelas sudah kami anggarkan," kata politisi yang berasal dari daerah pemilihan Kalbar ini.

Lasarus mengatakan, perhatian pemerintah pusat untuk kawasan perbatasan seperti di Putussibau sangat luar biasa. Jalan nasional yang ada saat ini terbilang sempit. Tiap tahun, ruas jalan tersebut akan dilebarkan.

"Saya rasa sangat luar biasa perhatian pemerintah pusat untuk daerah perbatasan khususnya wilayah Kapuas Hulu," katanya.

Editor : Reza Yunanto