Berbatasan dengan Malaysia, Pemkab Bengkayang Diminta Awasi Ketat Orang Masuk

Antara ยท Senin, 13 September 2021 - 12:22:00 WIB
Berbatasan dengan Malaysia, Pemkab Bengkayang Diminta Awasi Ketat Orang Masuk
Salah satu jalur tidak resmi perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan Barat. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang memperketat pengawasan di perbatasan kedua negara. Kabupaten Bengkayang berbatasan langsung dengan Sarawak di Malaysia yang saat ini kasus Covid-nya sedang tinggi.

"Perhatikan betul jalan-jalan tikus keluar masuk orang di perbatasan," ujar Kepala Dinkes Kalbar Harisson di Pontianak, Senin (13/9/2021).

Dia mengingatkan lalu lintas keluar masuk melalui perbatasan RI-Malaysia di Bengkayang terus meningkat. Seharusnya masyarakat tidak bisa begitu saja masuk ke Indonesia kalau belum dipastikan bebas Covid-19.
 
"Seharusnya mereka tidak boleh keluar masuk tanpa pemeriksaan antigen atau PCR, dan harus dilakukan isolasi selama delapan hari bila masuk ke wilayah indonesia dalam hal ini Bengkayang," tutur Harisson.

Menurut Harisson, Pemkab Bengkayang harus ekstra hati-hati dengan keluar-masuknya masyarakat dari Malaysia ke Indonesia di perbatasan. 

Di sisi lain, Harisson juga mengimbau agar masyarakat mulai berdampingan dengan Covid-19 Untuk menekan kasus positif masyarakat tidak kendor menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Endemi corona itu maknanya kita ini hidup berdampingan dengan virus corona. Jangan lengah bila tidak ingin tertular," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto