Beredar Video Warga Dangdutan usai Yasinan, Begini Penjelasan Camat

Ade Sata ยท Sabtu, 12 Juni 2021 - 11:30:00 WIB
Beredar Video Warga Dangdutan usai Yasinan, Begini Penjelasan Camat
Tim Satgas Covid-19 membubarkan acara warga yang menggelar dangdutan. (Foto: iNews/Ade Sata).

PONTIANAK, iNews.id - Acara dangdutan warga di Kelurahan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), dibubarkan tim Satgas Covid-19. Saat digerebek itu warga mengaku awalnya mereka menggelar acara yasinan.

Camat Pahandut, Berlianto mengatakan, kegiatan ini digelar secara spontan oleh tuan rumah, warga di Jalan Doktor Murjani pada Jumat (11/6/2021) malam.

"Awalnya yasinan, tapi reflek (spontan) mereka berkumpul dan nyanyi-nyanyi," kata Berlianto di Kota Palangka Raya, Kalteng, Jumat malam.

Karena perkara ini, tuan rumah yang menggelar acara tersebut mendapat teguran dari Satgas Covid-19 karena dianggap melanggar protokol kesehatan.

Pantauan iNews dalam video dangdutan yang viral tersebut, warga yang hadir tampak berkerumun tanpa mengenakan masker, begitu juga mereka yang bernyanyi.

Sementara itu Lurah Pahandut, Efendy, menyebutkan, pemilik rumah menyalahgunakan izin. Kegiatan dangdutan ini dipastikan tidak mendapat restu dari kelurahan.

"Itu acara yasinan tetapi disalahgunakan," kata Efendy.

Tim Satgas Covid-19 tingkat kelurahan dan kecamatan sudah mengimbau warga agar tidak menggelar acara serupa, termasuk membuat kegiatan yang mengumpulkan orang banyak tanpa memerhatikan protokol kesehatan ketat.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal