Bikin Bangga, Kain Tenun Sidan Kapuas Hulu Juara I di Inacraft Award 2022

Antara ยท Sabtu, 26 Maret 2022 - 07:36:00 WIB
Bikin Bangga, Kain Tenun Sidan Kapuas Hulu Juara I di Inacraft Award 2022
Kain Tenun Sidan asal Kabupaten Kapuas Hulu, menyabet juara I kategori tekstil ajang pameran kerajinan Inacraft 2022 (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kain Tenun Sidan asal Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) menyabet juara I kategori tekstil. Kemenangan ini diraih dari penghargaan Best of the Best ajang pameran kerajinan Inacraft 2022.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kapuas Hulu Angeline Fremalco mengatakan, Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) memilih produk terbaik berstandar produk unggul dan telah dilakukan kurasi dari produk yang dipilih oleh dewan juri independen Inacraft.

"Kriteria yang dinilai pada Inacraft Awards 2022 adalah keunggulan, keaslian, inovasi, daya jual dan ramah lingkungan," kata Angeline, Sabtu (26/3/2022).

Angeline menambahkan, Inacraft Award merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pengerajin yang ikut berpartisipasi dalam pameran Inacraft Award 2022.

"Kriteria itu dimiliki oleh kain Tenun Sidan Kapuas Hulu, ini sungguh membanggakan, potensi yang harus terus dikembangkan," katanya.

Dia juga menuturkan kain Tenun Sidan asal Kapuas Hulu sudah sejak lama dikembangkan salah satunya oleh pengerajin di Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu yang juga menggunakan pewarna alami dari tubuh-tumbuhan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: